Kamis, 10 Maret 2011

Ilmu Psikologi

Mungkin sebagian dari kalian berfikir, mengapa saya membuat topik tentang psikologi di blog ini? Tadinya saya juga kurang tertarik dengan psikologi, tapi karena rasa ingin tahu dan iseng yang cukup tinggi maka saya membaca beberapa artikel tentang psikologi itu sendiri isinya sebagai berikut:

  

 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pengertian Psikologi
Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
Sejarah Psikologi
Psikologi adalah ilmu yang tergolong muda (sekitar akhir 1800an.) Tetapi, manusia di sepanjang sejarah telah memperhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf yunani terutama Plato dan Aristoteles. Setelah itu St. Augustine (354-430) dianggap tokoh besar dalam psikologi modern karena perhatiannya pada intropeksi dan keingintahuannya tentang fenomena psikologi. Descartes (1596-1650) mengajukan teori bahwa hewan adalah mesin yang dapat dipelajari sebagaimana mesin lainnya.
Ia juga memperkenalkan konsep kerja refleks. Banyak ahli filsafat terkenal lain dalam abad tujuh belas dan delapan belas—Leibnits, Hobbes, Locke, Kant, dan Hume—memberikan sumbangan dalam bidang psikologi. Pada waktu itu psikologi masih berbentuk wacana belum menjadi ilmu pengetahuan.


Sumber : Wikipedia.org
 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dari itu saya menyadari bahwa ilmu psikologi itu banyak manfaatnya bagi kehidupan kita terutama ketika kita sedang bersosialisasi. Dengan ilmu psikologi juga kita dapat meningkatkan angka EQ . EQ itu merupakan nilai kecerdasan kita dalam hal emosi, dan itu berbeda dengan IQ yaitu kecerdasan otak. Mulai saat itu lah saya memiliki hobi untuk mengumpulkan semua artikel terbaik tentang psikologi dan menyusunnya di dalam blog ini.
Artikel psikologi insya allah akan saya tebitkan postnya minggu depan agar kita semua dapat belajar mlatih emosi dan mengendalikan diri kita untuk membangun masa depan yang cerah.

0 komentar:

Posting Komentar